Minggu, 25 September 2011

permen coklat warna warni

Permen Coklat Kacang
  1. Tim coklat sampai mencair.
  2. Meng'tim' coklat bisa dengan cara mendidihkan terlebih dahulu air dalam sebuah panci lalu setelah itu letakan panci atau wadah yang lebih besar di atas panci tersebut. Wadah yang kedua ini berisi coklat batang. Usahakan jangan sampai uap air masuk ke dalam wadah kedua karena akan membuat mutu penampakan coklat menjadi tidak bagus. Tapi lebih asyik kalau punya panci khusus untuk meng'tim' coklat.
  3. Siapkan kacangkacangan yang hendak dicampurkan dengan coklat. Kalau saya sih biasanya saya sangrai terlebih dahulu untuk kacang almon dan atau untuk kenari/mede saya goreng dulu dengan mentega dan ditiriskan hingga benarbenar tiris.
  4. Siapkan cetakan yang terlebih dahulu dimasukan kedalam lemari es.
  5. Masukan coklat yang sudah dicairkan lalu masukkan kacangkacangan yang diinginkan lalu timbun lagi dengan coklat atau terserah, karena bagian ini adalah asyiknya berkreasi sendiri.
  6. Bekukan dalam lemari es.
  7. Keluarkan dari cetakan, simpan dalam toples. Coklat lumayan bisa bertahan cukup lama kalau ditaruh dalam lemari es dan juga kalo ngga dimakanmakan :p
Selain kacangkacangan saya juga suka menggunakan kurma atau kismis atau sesekali permen jelly yang banyak dijual dipasaran.

Kalau ingin permen coklat berwarna selain coklat bisa digunakan coklat putih yang diberi pewarna makanan (cukup satu tetes saja).

dari www.pineapple-girl.comIde yang paling baru dari suami saya adalah membuat permen coklat dengan banyak 'kerikil' kacang di dalamnya. Caranya adalah dengan menghaluskan dua atau tiga buah jenis kacang yang sudah dimasak (goreng atau sangrai) -saya menggunakan blender karena malas mengulek- lalu mencampurkannya dengan coklat yang sudah dicairkan, baru dicetak dan didinginkan. Rasanya lebih gurih dan 'krunci'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar