Minggu, 09 Oktober 2011

bisnis plan Choco Loly Candy


ChoLidy

Ringkasan Eksekutif
Melalui ringkasan eksekutif yang kami buat berikut ini, kami ingin menyampaikan apa saja yang menjadi titik perhatian (highlight) perencanaan bisnis “ChoLiDy” ini sehingga para pembaca (khususnya bagi para kreditor dan investor) bisa mengetahui dengan jelas bagaimana gambaran perencanaan bisnis yang kami buat.
Pertama,
kami ingin menjelaskan kepada para pembaca mengapa kelompok “ChoLiDy” sangat tertarik dan memilih untuk memproduksi produk kami yaitu “ChoLiDy” ( Candy&coklat) untuk kami geluti sebagai bidang usaha kami.
1. Tak lain dan tak bukan,yakni produk yang kami produksi memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan produk-produk lainnya, yakni dapat dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat dan cocok dikonsumsi dalam berbagai situasi dan kondisi. “ChoLiDy” mempunyai berbagai macam rasa dan bentuk yang dibuat dari pewarna makanan yang berkualitas. Kami memberikan keleluasaan bagi para konsumen untuk menyesuaikan pilihan mereka dengan rasa yang mereka sukai.
2. Dengan nama ini kami berharap home industry ini memberikan suatu inovasi baru dalam pangsa pasar dengan adanya keunikan dalam produk yang diproduksi. “ChoLiDy” masih dalam taraf sederhana, maka dari itu disebut home industry. Setelah mendapatkan loyalitas pelanggan dan laba yang cukup maka home industry ini akan berkembang dengan sendirinya.
3. “ChoLidy” tetap mengutamakan kualitas. Kami mengutamakan kepuasan yang didapatkan oleh konsumen dibandingkan dengan laba yang besar tetapi produk tidak berkualitas.
4. dan yang terakhir , kemampuan personil-personil kami dalam membuat “ChoLiDy” ini sudah teruji kebersihan, dan kualitas rasanya. Ini menjadi pertimbangan penting mengapa kami semakin kuat memutuskan untuk memilih bidang usaha ini karena walaupun kami memiliki visi dan misi serta modal, namun tanpa dilengkapi dengan kapabilitas anggota-anggota kelompok maka produksi tak dapat berjalan dengan lancar.

Kedua,
kami ingin memaparkan bagaimana cara dan usaha yang akan kami tempuh guna mewujudkan tujan yang hendak dicapai oleh kelompok “ChoLiDy” sehubungan dengan produk yang kami geluti.
1. Untuk kualitas rasa, kami sudah mencoba barang produksi kami “ChoLiDy” dirumah salah satu anggota kelompok kami. Kami berkumpul bersama-sama untuk mencoba coklat buatan kerabat kami yang dipercaya untuk memproduksi untuk membuat coklat ini. Dengan demikian, jika ada rasa atau tampilan yang durasa kurang anggota lain dapat menyampaikan saran kepada kerabat kami yang bertugas untuk membuat coklat sehingga dapat diperbaiki dan sesuai keinginan para konsumen kelak.

2. Untuk promosi, kami melakukan berbagai langkah promosi antara lain sebagai berikut :
· Memberikan contoh produk kepada calon konsumen agar mereka dapat mencicipi kualitas rasa yang kami tawarkan kepada mereka, sehingga apabila kualitas rasa yang kami tawarkan dirasa kurang sesuai dengan permintaan calon konsumen, kami dapat memperbaiki dan menyesuaikannya sesegera mungkin. Namun bila kebanyakan konsumen sesuai dengan rasa dari produk yang kami tawarkan calon konsumen tersebut dapat membelinya.
· Memberikan harga pas saat hari pertama berjualan kepada calon konsumen agar mereka tertarik untuk membeli dalam jumlah yang banyak (agar tidak kehabisan) dan mencoba kenikmatan.
· Promosi dari mulut ke mulut yang akan dilakukan oleh kelompok kami kepada beberapa teman dekat kami dan konsumen-konsumen kami agar dapat bertahan dan memperoleh konsumen sebanyak-banyaknya.

3. Untuk kepentingan intern kelompok dalam penjualan ini, kami juga banyak berdiskusi dengan sesama anggota kelompok maupun dengan pihak-pihak lain yang membantu dalam proses penjualan produk kami agar kami mengetahui titik kelemahan yang harus diperbaikin dan kelebihan yang harus semakin kami tingkatkan. Dengan berdiskusi, paling tidak kami bisa menyelesaikan beberapa persoalan dengan lebih mudah karena dipikirkan bersama-sama.
4. Untuk meningkatkan dan menjaga kualitas produk, kami juga akan menyanyakan pendapat pada beberapa konsumen mengenai kelemahan dan keunggulan dari produk yang kami hasilkan agar kami bisa lebih mengetahui keinginan para konsumen dan dapat menyesuaikannya dengan permintaan pasar.
Demikianlah ringkasan eksekutif dari kelompok kami. Semoga ringkasan eksekutif ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan kelompok kami untuk lebih memperjelas lagi mengenai perencanaan bisnis kelompok kami.


BAB 1
Rencana Organisasi
1.1 Gambaran Singkat Perusahaan
Visi “choLiDy”
Menerobos pasar dan menjadi pengusaha cupcake yang berhasil. Menjadikan “ChoLiDy” sebagai pengusaha coklat dan candy yang dapat membangun loyalitas pelanggan. Kami berkomitmen untuk menjadi nama yang dapat dipercaya dan memberikan pelayanan yang terbaik dalam kualitas, rasa, harga dan ketepatan waktu.
Misi “choLiDy” :
· Membuat produk yang berkualitas
· Membangun loyalitas pelanggan
· Meningkatkan kinerja staff “ChoLidy”
· Menjaga kepercayaan masyarakat
· Mendahulukan kepuasan konsumen
· Memberikan pelayanan yang baik dan ramah

Cho Li Dy adalah gabungan dari produk yang kami jual C à chocolate , Li à lolipop , Dy à Candy
Gambar coklat dan permen di logo tersebut menggambarkan usaha yang kami jalan

1.2 Produk
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dimiliki, dipakai, atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan.
“choLaDy” menawarkan produk berupa coklat dan permen .”choLady “ memproduksi permen dan coklat yang berbeda-beda rasa seperti rasa strawberry, blueberry dan coklat, anggur,mint, cappucino. Kami menyediakan jasa antar dengan syarat pemesanan minimal 30pc. Kami juga menerima pesanan untuk ulang tahun, dll dengan minimal pemesanan 1 minggu sebelum acara.
Bahan :
Resep Membuat Permen Coklat/Chocolate :


Permen Coklat
100 gr White Coklat
Pewarna Permen merah, kuning, hijau
250 gr Dark Coklat
Bahan Isi :
100 gr Dark Coklat
50 gr Kacang Mede, Goreng, Cincang halus
50 gr Buah Kering, Cincang Halus
Cara Membuat :
Tim White Coklat hingga meleleh. Bagi tiga bagian, bubuhi warna merah, kuning, dan hijau. Tuang didasar cetakan permen coklat, sisihkan.

Buat isi :
Cairkan dark coklat. Bagi 2 bagian, 1 bagian tambahkan mede dan 1 bagian lagi buah kering.
Bentuk bulat kecil lalu letakkan diatas coklat yang telah dicetak.
Cairkan dark coklat lalu siramkan diatas bagian isi.


Cara membuat permen lolipop :


Lollipop candy atau permen lollipop merupakan permen gula terfavorit yang sudah ada sejak jaman dulu kala. Permen ini lebih kita kenal dengan permen batangan dengan beraneka ragam warna dan bentuk yang lucu. Permen ini sangat disukai oleh anak-anak dan mudah dijumpai dimana-mana.
Tapi, tahukah anda bahwa membuat permen lollipop yang sempurna benar-benar membutuhkan proses yang tidak sederhana? Mari kita simak cara membuat permen lollipop berikut ini…(gula, pewarna, perasa)
Permen cair dari hasil pemanasan dalam boiler selanjutnya dituangkan diatas meja marmer. Proses ini disebut tempering guna menurunkan suhu masak permen cair. Setelah suhunya menurunkan, proses pemberian warna pun dapat dilakukan. Gunakan pewarna khusus candy yang aman dikonsumsi dan tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.
Campurkan pewarna candy untuk membuat permen lollipop yang beraneka macam warna. Uleni hingga seluruh permukaan gula tercampur seluruhnya dengan warna.
Untuk membuat bagian dalam permen lollipop, permen diletakkan didalam penarik yang akan menarik permen seperti membuat gula-gula.
Bagian yang putih dilapisi dengan bagian permen yang berwarna-warni. Letakkan secara berselang seling agar permen lollipop menjadi paduan yang menarik.
Langkah berikutnya adalah memasukan adonan permen ke dalam roller penggiling agar permen tercampur
dan membentang tipis. Setelah membentang tipis, permen diukur dan dipotong agar kemudian dapatDan Jadilah permen lollipop yang dapat kita nikmati….
dililitkan pada batang permen lollipop.


1.3 Lokasi
Suatu produk atau jasa yang bagus menjadi tidak berarti apabila tidak bisa dijangkau oleh pelanggan karena lokasinya terpencil. Lokasi tempat penjualan produk kami adalah di sekitar Kampus Maranatha. Sedangkan lokasi produksinya adalah di Jalan Moh. Yunus no 43C. Selain di sekitar kampus, kami juga menawarkannya dari mulut ke mulut, sehingga banyak orang yang mengetahuinya.

BAB 2
Rencana Pemasaran
2.1 Target Pasar
Target dalam pemasaran produk permen ini adalah semua kalangan, khususnya di kalangan Kampus Maranatha. Selain itu, produk kami juga dipasarkan di kalangan masyarakat, misalnya dalam bazar atau pesanan untuk berbagai acara.
2.2 Strategi Pemasaran
Strategi yang digunakan “choLiDy” ini adalah focus strategy. Focus strategy yaitu memilih salah satu atau lebih segmen pasar, mengidentifikasi kebutuhan,keinginan,dan minat khususnya.
Dengan menggunakan strategy ini, home industry kami berusaha meraih tingkat penjualan yang cukup besar dan mampu meningkatkan pangsa pasar serta menghasilkan laba yang cukup tinggi, tanpa mengurangi kebutuhan dan keinginan konsumen.
2.3 Promosi
Cara promosi yang digunakan “choLiDy” adalah :
· Promosi dari mulut ke mulut
· Memberikan potongan harga/diskon
· Mengadakan jasa antar produk, min 30 pc
· Mengikuti bazar


BAB 3
Dokumen Keuangan
3.1 Anggaran
Pemasukan
Target Penjualan:
§ coklat (isi : strawberry, blueberry, anggur)
18 @ Rp 7.000,00 Rp 126.000,00
§ Lolipop (rasa: strawberry, blueberry, coklat, capuchino)
18 @ Rp 6.000,00 Rp 108.000,00 +
Rp 234.000,00
Total pemasukan per hari Rp 234.000,00
Pengeluaran
Rincian perkiraan biaya:
Bahan baku
1kg dark coklat Rp 21.000,00
300 gr gula halus Rp 4.000,00
Vanili bubuk Rp 500,00
Susu bubuk Rp 2.000,00

Isi (selai)
Strawberry Rp 11.500,00
Blueberry Rp 11.500,00
Coklat Rp 11.500,00


Kemasan
Plastik/18bh Rp.90.000,00
Sticker label Rp 21.600,00
Kotak dus Rp 18.000,00 +
Rp 191.600,00

Total pengeluaran 1 hari Rp 191.600,00
Laba
Perkiraan laba usaha Rp 42.400,00

III.2 asal sumber dana
Kebutuhan modal awal terdiri dari:
Sumber dana berasal dari:
§ Modal sendiri Rp 200.000,00










Penutup

Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat cinta kasihnya pada kita semua sehingga proposal ini dapat dibuat sesuai dengan kemampuan kami. Proposal ini sendiri bertujuan sebagai panduan dan sumber inspirasi bagi para wirausaha dalam menjalankan usaha nya, selain itu sebagai dokumen pendanaan yang bagaimana dana itu dapat memajukan perusahaan dan meningkatkan laba.
Kami juga ingin mengucapkan terima kasih pada pihak yang terlibat dalam pembuatan produk kami sehingga rancangan produk cupcake kami dapat direncanakan dengan baik. Atas kerjasama dari semua pihak yang terlibat kami mengucapkan terima kasih. Semoga proposal ini dapat berguna bagi pembacanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar