Sabtu, 01 Oktober 2011

permen lolipop


Melihat tangannya yang lincah dan terampil dalam membuat permen gulali, saya pun terinspirasi dari tukang gulali di food court Pasaraya Grande. Dan lagi permen gulali termasuk salah satu makanan favorit sewaktu di SD dulu.
Hmm.. proses membuatnya tak semudah melihat sang abang gulali beraksi, jari jemarinya yang cekatan dalam membentuk bunga, hati, daun, binatang tak bisa dengan mudah diikuti. Yah mungkin karena hal ini erat kaitannya dengan masalah “kreatifitas”..
Meskipun telah menghabiskan ber kilo2 gram gula pasir dan tak berhasil, tetap saja prinsip maju terus pantang menyerah dipertahankan. Membuat candy atau permen adalah hal yang sangat mengasikkan dan siapapun pasti bisa melakukannya…
Dan… Inilah tahapan proses yang dialami sang gula sebelum akhirnya menjadi permen lolipop..
ni sirup gula yang telah dipanaskan.. Panasnya bukan main jadi jangan coba menyentuhnya dengan tangan sebelum suhu sirup gula ini turun.. Gunakan sarung tangan anti lengket dan anti panas..
Jika sirup gula ini sudah menjadi dingin, proses pewarnaan dapat dilakukan..
Dalam memberi warna anda harus memilih bahan pewarna yang memang khusus untuk membuat candy.
Jangan menggunakan pewarna abal-abal yang biasanya dijual di pasaran, apalagi sampai menggunakan pewarna kain..
cukup teteskan sedikit pewarna dlm adonan.
sirup gula, tarik-tarik hingga permukaan rata dengan warna yang kita inginkan. Anda juga bisa memberi rasa pada adonan sirup gula dengan menambahkan perisa di dalamnya..
Setelah pewarnaan beres tahap selanjutnya adalah memilin adonan tersebut.. Anda pasti pernah diajarkan bermain kreasi menggunakan lilin (malam) sewaktu kecil dulu, nah.. terapkanlah ilmu tersebut untuk membuat permen atau candyni ketika anda membuat candy berwarna pink dan putih.. Satukan keduanya lalu di pilin.. Mulailah membuat candy satu warna, dua warna, tiga warna hingga banyak ragam warna.
Semakin banyak variasi warna semakin bagus pula hasil permen atau candy yg kita buat..
Sim sa la bim ka ar ba ar ba…
Meskipun masih jauh dari sempurna, candy buatan tangan saya ini sudah laku terjual sejak pertama kali diluncurkan oleh anak buah yg sok tau dan ambisius sekali memasarkan alias iseng-iseng berhadiah asal disayang boss karena omset bertambah.. Tralala… candy tersebut berasal dari 100% gula asli dan bahan-bahan alami yang tak akan menimbulkan penyakit seperti batuk dan diabetes kecuali jika dikonsumsi terlalu berlebih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar